Jepang adalah negeri anak-anak, dimana kesenangan adalah hal utama dari hiruk pikik pekerjaan setiap hari yang sangat menuntut keberhasilan.

Budaya Grup Idola yang sedang menjamur di Jepang telah merasuki seluruh lapisan masyarakat di dunia, banyak dari mereka terispirasi dan akhirnya berusaha untuk membuat hal yang sama.

Saya mengambil dari sumber berita di metrotvnews
"Mantan personel boyband N’SYNC, JC Chasez, telah membentuk sebuah girl grup bersama Jimmy Harry yang tidak lain adalah produser sekaligus penulis lagu. Pembentukan girl grup bernama Girl Radical itu dibentuk karena terinspirasi dari Idol Grup asal Jepang AKB48.
*Lebih lengkapnya (disini)

Lalu saya mengambil berita dari Kapanlagi
"Sadar akan industri musik yang harus peka terhadap zaman membuat Project Pop harus pintar dalam menciptakan sebuah karya. Tak heran bila di album baru mereka terispirasi musik yang diusung grup idola JKT48
*Lebih lengkapnya (disini)

Saya ambil lagi berita dari wowkeren & Solopos
"Produser musik Jimmy CK membuat sebuah boyband dengan berkonsep sama seperti JKT48. Grup itu memiliki banyak personil, 29 orang dan dinamakan AKM29.
*Lebih lengkapnya (Disini - Disini)

Mereka adalah beberapa orang yang terispirasi untuk membuat hal yang sama!
Tapi bagaimana jadinya jika akhirnya kata "TERISPIRASI" bener-benar menjelma kearah MENJIPLAK? padahal awalnya terispirasi...

Saya bukanlah orang yang bergerak dibidang bisnis hiburan, bahkan bukan juga orang dari pertelevisian maupun sekolah dengan jurusan Brodcasting, tapi hal ini saya dapat dari banyak membaca berita,buku etc.

Izinkan saya sebagai orang awam untuk sedikit memberikan masukan bukan menggurui, jika ingin membuat grup penyanyi yang terispirasi oleh kesuksesan Idol Grup 48

Jika AKB48 beserta sister grupnya adalah inspirasi maka yang pertama harus diperhatikan adalah siapa pendirinya? ini penting karena hanya terinspirasi bentuknya saja hal itu adalah sia-sia, mungkin bertahan, tapi musiman' pada akhirnya grup akan tenggelam


Yasushi Akimoto adalah dalang utamanya...!! siapa dia?
Lahir di Meguro, Tokyo, pada 2 Mei 1956, Akimoto merupakan pemimpin di Universitas Seni dan Desain, Kyoto. Selain menjadi pengajar, lelaki ini juga menulis naskah untuk acara di televisi Jepang, penulis lagu, produser rekaman, membantu pembuatan film One Missed Call, dan menjadi penasihat di Universitas Kyoto.

Sebetulnya Akimoto tak cuma menciptakan AKB48. Sebelumnya dia pernah membentuk grup idola, Onyanko Club atau Kitten Club, pada tahun 1980. Tapi grup idola ini hanya berjaya pada 1985 hingga 1987.

AKB48 sebetulnya berkonsep nyaris sama dengan Kitten Club, seperti larangan untuk pacaran, merokok, Clubing bahkan personelnya suatu hari nanti harus lulus.

Di tangan Akimoto, AKB48 memang menjadi grup idola remaja Jepang, terutama untuk cowok-cowok. Untuk membedakan AKB48 dengan kelompok penghibur lain, Akimoto meminta mereka naik pentas setiap hari pada teater AKB48 di Akihabara. ya... grup idola 48 memiliki teater mereka sendiri.

Bahkan kini AKB48 memiliki program televisi sendiri: AKBINGO!, Weekly AKB, Naruhodo Highschool, dan masih banyak lagi. Ia pun merambah ke China dan Indonesia dengan hadirnya JKT48 dan SNH48.

Jadi jika anda selaku produser yang nantinya akan mengembangkan grup yang telah terbentuk, apapun yang terjadi jangan pernah menjadi cengeng seperti produser AKM29 yang menurut saya sangat cengeng (maaf) karena saat caci dan makian menghampiri grup bentukannya ia malah sibuk curhat di semua media cetak dengan segala bukti bahwa para penggemar JKT48 membencinya! dan menganggap menjiplak!

Ini adalah contoh mengapa saya memberikan rujukan untuk mengenal siapa dalang dibalik kesuksesan AKB48!! Mr. Aki-p adalah orang yang sangat keras pada dirinya, tegas dan disiplin, ia tidak peduli seberapa banyak yang menganggap AKB48 pada awalanya hanyalah pertunjukan pantat dan paha.

Bahkan dengan tegas untuk memutuskan kontrak dengan label rekaman terkenal SONY MUSIC hanya karena AKB48 tidak pernah diprioritaskan, padahal saat itu AKB48 masih merangkak bahkan belum terkenal, hanya menelurkan singel Aitakatta!

Jadi jika anda memang seorang produser dengan mental produser maka berjuanglah... jangan hanya curhat sana-sini berharap curhatannya membuat grup bentukannya terkenal, sungguh! anda sangat menyedihkan.

Kedua adalah bagaimana anda mengerti betul cara kerja orang Jepang yang menganggap semua pekerjaan adalah bentuk pengabdian yang tulus, bahkan lembur adalah cara kamu membuktikan seberapa besar pengabdianmu terhadap pekerjaan yang sedang kamu jalani tanpa dibayar. jadi bekerjalah dengan tulus karena ketulusan akan membuahkan hasil yang menggembirakan pada akhirnya.

Ketiga adalah pelajari managemen kinerjanya, karena apapun yang kita buat tanpa managemen yang baik semua itu hanyalah angin lalu, tidak akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Jadi'....  Terispirasi atau menjiplak pada akhirnya waktu jugalah yang akan membuktikan seberapa keras kamu berjuang untuk sesuatu yang bernama KEBERHASILAN, seberapa pintar kamu mengolah ketiadaan menjadi ada hingga menjadi bentuk yang bernama KESUKSESAN.

Sekali lagi saya bukanlah orang pintar, saya hanyalah orang yang suka memperhatikan sesuatu dan berusaha untuk mewujudkan apa yang saya lihat! meski sulit'

Lalu bagaimana dengan kalian? ada yang ingin menambahkan....??

Axact

MI Team

Metairuka Team yang memiliki hobi menterjemahkan segala berita dari AKB48 Groups dengan caranya masing-masing tanpa menghilangkan inti dari berita penting itu sendiri, Selamat membaca dan sebarkanlah positif kami.

Post A Comment:

2 comments:

  1. saya tau jkt48 dari iklan pocari swe*t min.. awalnya iseng2 cari tau tentang 48 family.. ternyata luarbiasa perjuanganya... tapi saya ragu jkt48 bisa seperti akb48. sedang indonesia banyak aturan2 g jelas mis:eFPei

    BalasHapus
    Balasan
    1. JKT48 di indo kan bru 2th gan! euforianya bru di mulai, jd apkh akn sbsar AKB48? kita nikmati aja, minmal ampe 3th kdepan dri skr gmna?
      mslah ragu,yakin/engga' itu cma agan sndri yg nentuin!

      eFpeI mah stau sya bkerja sesuai prmintaan dgn hrga yg pas! n' JKT48 ga bda sma perusahaan2 Asing di Indo yg notabenenya byar pjak tinggi! plingan klu ampe di boikot eFPei (amit2 jgn ampe)... eFPei sma ja bunuh diri" heheheheheh.......

      Hapus

Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !
about this article..??

Cantumkan nama / Url anda... Terima Kasih